Seni Budaya Aceh

TARIAN ACEH UTARA

Salah satu tradisi turun temurun yang dilakukan oleh Rakyat Aceh adalah melakukan aktifitas lewat kesenian. Seni yang dimaksud disini adalah kemampuan seorang atau sekelompok orang untuk memnampilkan suatu hasil karya dihadapan orang lain. Dalam literature keacehan, dikenal beberapa jenis kesenian Aceh diantaranya Zikee, seudati, rukoen, rapai geleng, rapai daboeh, biola (mop-mop), saman, laweut dan sebagainya. Kesenian Aceh dibalut dengan nilai-nilai agama, sosial dan politik. Kenyataan ini dapat dilihat dalam seni tari, seni sastra, seni teater dan seni suara. Seni Aceh dipengaruhi oleh latar belakang adat agama, dan latar belakang cerita rakyat (mitos legenda).

  • Baca::: Salah satu tradisi turun temurun yang dilakukan oleh Rakyat Aceh adalah melakukan aktifitas lewat kesenian.

 

Jenis kesenian di Aceh Utara yang berkembang dan sangat di gemari :

 

  1. Seudati / Saman.
  2. Rapai Pasai.
  3. Rapai Dabus.
  4. Rapai Lahee.
  5. Rapai Grimpheng.
  6. Rapai Pulot.
  7. Alue Tunjang.
  8. Poh Kipah.
  9. Biola Aceh.
  10. Meurukon.
  11. Sandiwara / Drama Aceh.
  12. Hikayat / Cerita

 

Tari Kreasi Baru :

 

  1. Ranup Lampuan.
  2. Rampoe Aceh.
  3. Pemulia Jame.
  4. Tarek Pukat.
  5. Limong Sikarang.
  6. Ramphak Dua.
  7. Rubani Wahit.

 

TARI SEUDAT
Seudati berasal dari kata yahadatin yang mengandung mana pernyataan atau penyerahan diri memasuki agama islam dengan mengucapkan dua kalimasyahadat. Tari Seudati dimainkan oleh 8 orang laki - laki atau 2 orang aneuk syeh (Syahie) yang bertuga mengiringi tarian dengan syair dan lagu. Seluruh gerakan dari seudati berada dibawah pimpinan seorang syeh seudati.

 

Tarian seudati pada saat ini selain berfungsi sebagai hiburan rakyat juga merupakan simbol kekayaan seni budaya Aceh Utara sekaligus sebagai media penyampaian pesan - pesan pembangunan kepada masyarakat.

 

TARI POH KIPAH
Tari Poh Kipah merupakan seni tari tradisional Aceh Utara yang menunjukkan gerakan - gerakan memukul kipas dengan rytme yang unik dan mengagumkan.

BIOLA ACEH
Kesenian ini dimainkan oleh 3 orang pria, masing - masing 1 orang bertindak sebagai violis yang disebut syeh, sekaligus merangkap sebagai vokalis. dua orang lagi berfungsi sebagai penari dan pelawak yang berperan sebagai linto baro dan dara baro (suami isteri) yang melakukan gerak tari dan banyolan sesuai dengan irama.

RAPAI PASAI (ZIKIR) a
Diperagakan dengan alunan syair - syair yang agamais dan sakral dengan komposisi rapai kecil di depan dan rapai ukuran besar digantung dibelakang. Rapai - rapai kecil sebagai pendukung, seluruh permainannya berbaris melengkung dengan pakaian yang khas yang dipimpin oleh seorang khalifah dengan penyajian syair yang sinkron dengan irama tabuhannya.

RAPAI DABOH (DEBUS)
Penampilan rapai daboih, titik utamanya adalah pada kemahiran spritual dalam menggunakan senjata tajam dengan berbagai ketangkasan yang cukup menegangkan dan mendebarkan.. Apabila ada pemain debus yang mengalami cedera atau luka dalam atraksi tersebut, (karena kesalahan dalam memukul rapai, atau pihak lain yang ingin mencoba ketinggian ilmunya) Khalifah akan segera turun tangan, dengan hanya menyapu bagian yang terluka dengan tangan khalifah, darah akan segera berhenti mengalir dan dengan serta merta luka itupun lenyap seketika

RAPAI LAGEE
Kesenian rapai tradisional ini berasal dari Kandang Kecamatan Muara Dua dan Paya Bakong Kecamatan Matangkuli yang biasanya ditampilkan pada upacara - upacara adat, upacara resmi pemerintah serta pada hari - hari besar Islam dan sebagai hiburan rakyat yang bersifat social.

 

Last modified on Wednesday, 27 February 2013 02:06
Rate this item
(0 votes)
Read 44009 times
Super User

Dinas Perhubungan, Pariwisata Dan Kebudayaan

Kabupaten Aceh Utara

Department Of Transportation, Tourism And Culture
Of North Ache Regency

 

More in this category: « Serune Kalee

WISATA ACEH UTARA

  • Daya tarik pantai Bantayan
    • Baca Selanjutnya: Berada di Gampong Bantayan, pantai ini bertetangga dengan Gampong Ulee Reubek.
  • Adat perkawinan
    • Baca Selanjutnya: Ada beberapa prosesi dalam acara pesta adat perkawinan Aceh Utara
  • Wisata Industri
    • Baca Selanjutnya: Ladang Gas Arun - Kilang LNG Arun - Pabrik Pupuk Asean Aceh Fertilizer (AAF) - Pabrik Pupuk Iskandar Muda (PT.PIM) - Pabrik PT. Kertas Kraft Aceh (PT.KKA)
  • Pusat Latihan Gajah
    • Baca Selanjutnya: Pusat Latihan Gajah (PLG) Lhok Asan
  • Duta Wisata Aceh Utara
    • Baca Selanjutnya: LHOKSEUMAWE - Teuku Akbar (20), mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Malikussaleh dan Afyela Risqa (25) alumni Akademi Kesehatan Lhokseumawe terpilih sebagai pasangan duta Wisata Aceh Utara tahun 2012.

Lelang Elektronik/LPSE

Sponsort

Jalan Tentara Pelajar No.97-99
Merduati - Banda Aceh

Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]